Senin, 21 Mei 2012

Fenomena Gereja Setan


Gereja setan atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan sebutan Church of Satan adalah sebuah organisasi berorientasi pada penerimaan jasmaniah manusia (man’s carnal self). Gereja setan didirikan pada 30 April 1966 di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Anton Szandor LaVey.

Sejarah Gereja Setan

Gereja yang didirikan oleh Anton LaVey ini berdiri pada 30 April 1966 di San Fransisco, Amerika Serikat. Pendiri Gereja Setan Anton LaVey, menjadi pendeta tertinggi Gereja Setan sampai kematiannya pada 1997.
Pada 1950-an, Anton LaVey membentuk sebuah kelompok yang dinamakan The Order of the Trapezoid. Kelompok tersebut kemudian berubah menjadi badan pengurus Gereja Setan. Pada tahun pertama pembentukan Gereja Setan, Anton LaVey dan Gereja Setan mendapatkan perhatian media yang besar dengan melakukan upacara pernikahan Setan antara Judith Case dengan wartawan radikal John Raymond.
Gereja Setan sering disebut dalam banyak buku. Selain itu, Gereja Setan pun dijadikan topik artikel majalah dan surat kabar pada masa 1960-an dan 1970-an. Gereja Setan pun merupakan subjek utama film dokumenter Satanis (1970). Pendirinya, Anton LaVey, muncul dalam film Invocation of my Demon Brother. Di samping itu, Anton LaVey pun berperan sebagai penasihat teknis dalam film The Devil's Rain yang dibintangi oleh Ernest Borgnine, William Shatner, dan John Travolta.
Pada tahun 1975, LaVey menciptakan kontroversi dalam Gereja Setan yang didirikannnya. Kontroversi tersebut dilakukan dengan cara menghilangkan sistem "Grotto" gereja dan mengeluarkan orang-orang yang dia anggap menggunakan Gereja Setan sebagai prestasi di dunia luar. Pada saat yang sama, Anton LaVey menjadi lebih selektif dalam menerima wawancara. Aktivitas yang "tertutup" ini memunculkan rumor bahwa Gereja Setan telah tutup atau Anton LaVey telah mati.
Pada 1980-an, umat Kristen, para ahli terapi yang terspesialisasi dalam pemulihan ingatan, dan media massa mengungkit-ungkit kembali konspirasi kejahatan yang berhubungan dengan Gereja Setan. Anggota-anggota Gereja Setan seperti Peggy Nadramia, Peter H. Gilmore, Adam Parfrey, Boyd Rice, Diabolos Rex, dan King Diamond, aktif dalam media massa untuk membantah tuduhan atas aktivitas kriminal tersebut. Lalu, FBI mengeluarkan laporan resmi yang membantah teori konspirasi criminal itu. Fenomena tersebut dikenal sebagai peristiwa “The Satanic Panic”.
Pada 1980-an dan 1990-an, Gereja Setan dan para anggotanya sangat aktif dalam memproduksi film, musik, dan majalah yang berhubungan dengan Setanisme. Namun, pada 1997, kabar duka menimpa para pengikut Gereja Setan ini. Pendiri Gereja Setan, Anton LaVey, meninggal dunia pada 1997. Setelah kematian Anton laVey, posisi Kepala Gereja Setan diserahkan kepada istrinya, Blanche Barton.
Sejak 1997 sampai 2001, Blanche Barton tetap terlibat dalam aktivitas Gereja Setan. Namun, pada 2001, Blanche Barton menyerahkan posisinya kepada Peter H. Gilmore dan Peggy Nadramia. Kantor pusat Gereja Setan pun dipindahkan dari San Fransisco ke New York City. Gereja Setan tidak mengakui keberadaan organisasi-organisasi lainnya sebagai pemegang sah setanisme. Akan tetapi, Gereja Setan mengakui bahwa seseorang tidaklah harus menjadi anggota Gereja Setan untuk menjadi seorang Satanis.
Banyak figur-figur publik yang secara terang-terangan menjadi anggota Gereja Setan. Tokoh-tokoh tersebut antara lain King Diamond, Teresa Hidy, Kenneth Anger, Marilyn Manson, Aaron Joehlin, David Vincent, Boyd Rice, Marc Almond, gitaris Alkaline Trio Matt Skiba dan drummer Derek Grant, pegulat profesional Balls Mahoney, Sterling James Keenan, jurnalis Michael Moynihan, pianis Liberace, gitaris Matthew McRaith, dan Sammy Davis Jr. Namun sebenarnya, Gereja Setan tidak pernah memberikan informasi mengenai keanggotaannya secara publik dan tidak diketahui berapa banyak anggota Gereja Setan ini.

Tidak ada komentar: