Rabu, 09 Mei 2012

Menyikapi perbedaan dengan cerdas

Perbedaan pendapat seringkali harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah, ataupun di dunia kerja baik dengan rekan, keluarga ataupun pasangan. Adakalanya perbedaan pendapat ini bersifat konstruktif, namun juga tak jarang membawa kepada perpecahan. Mengatasi beda pendapat dengan pasangan barangkali juga perlu dipahami, sama halnya dengan keluarga ataupun rekan kerja. Beberapa hal yang disebabkan karena perbedaan pendapat telah banyak memberikan efek kepada munculnya konflik yang lebih besar, seiring dengan besarnya masalah yang dihadapi.

Kondisi seseorang dalam menyikapi perbedaan pendapat seringkali menjadi faktor utama bagi seseorang untuk dapat mengendalikan suasana, termasuk didalamnya melatih kesabaran seseorang dan mendorong seseorang untuk memikirkan orang lain. Namun ini tentu saja tergantung masing-masing individu. Adapun sikap yang cenderung muncul adalah penolakan, yang berujung pada konflik pribadi, yang bisa mengarah kepada konflik kelompok. Beberapa tips berikut mungkin berguna bagi Anda untuk dapat mengatasi perbedaan pendapat di berbagai situasi.

Yakin dengan diri Anda
Pastikan diri Anda merasa yakin atas apa yang dilakukan. Ide ataupun pendapat yang Anda kemukakan harus secara sadar dipahami baik kelebihan ataupun kekurangannya. Konsekuensi logis dari apa yang Anda sampaikan tentu saja memiliki dampak terhadap penilaian orang terhadap diri Anda. Maka dari itu, keyakinan atas pendapat Anda akan mendorong orang lain percaya dan mengerti keinginan Anda.

Mengerti keinginan orang lain
Dalam sebuah lingkungan kerja Anda diharuskan untuk memahami pemikiran orang lain termasuk rekan, partner kerja, atau bahkan atasan Anda. Pemahaman bahwa masing-masing individu memiliki ide dan pola pemikiran yang berbeda. Selanjutnya, pahami pula keinginan mereka dan cara mereka bekerja. Dengarkan ketika mereka berbicara dan berpendapat, sehingga Anda dapat mengenali dan memahami bagaimana cara mereka mengatasi permasalahan. Komunikasikan ide Anda dengan santun sehingga bisa memberikan nilai lebih bagi orang lain, dan tentunya orang lain memahami bahwa Anda mengerti kebutuhan mereka.

Mencari Kesamaan

Perbedaan pendapat seringkali hanya berfokus pada perbedaan pemikiran. Kadangkala apa yang disampaikan adalah satu hal yang sama namun dibungkus dalam kalimat yang berbeda. Perbedaan pendidikan, kemampuan komunikasi, dan cara pandang mempengaruhi cara penyampaian pendapat. Maka dari itu, menelaah pendapat orang lain dan mencari bagian-bagian yang sama akan memudahkan Anda untuk dapat mengerti dan menekan perbedaan. Mulailah dengan memberikan pernyataan yang sepaham dengan rekan kerja Anda, sebelum Anda mengemukakan pendapat lain yang berbeda.

Melakukan modifikasi cara

Seringkali seseorang melakukan usaha yang sama terus-menerus yang cenderung tidak membawa perubahan. Seorang motivator dapat memberikan pengaruh yang baik kepada seseorang dengan menempatkan ide dan pendapat mereka dengan bahasa yang paling mudah dimengerti oleh orang lain. Pastikan Anda tidak terpancing emosi ketika pendapat Anda tidak diterima, dan tetap tenang serta mendukung pendapat Anda dengan dilengkapi alas an serta data penunjang yang lengkap. Hilangkap arogansi dan sikap menggurui, karena akan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Gunakan strategi yang sederhana dalam menyampaikan pendapat, dengan persiapan yang matang dan cerdas dalam penyampaiannya

Tidak ada komentar: