Jumat, 15 Februari 2013

Sedikit Menyadari tentang Wanita

Wahai para laki-laki yang membaca tulisan ini, gue juga laki-laki sih hehe (suer tulen). Buat kalian para lelaki yang punya pasangan, ngerasa gak sih kalo perempuan(lelaki normal pasangannya perempuan) itu begitu merepotkan dan menyebalkan ketika logika mereka tiba-tiba ilang? Buat yang ngerasa repot, hampir semua cowo mengalami hal itu. Perlu kita sadari kalau wanita dan pria itu berbeda. Lelaki lebih membanggakan kaumnya (kaum lelaki), lebih merasa bahwa kaumnya lah yang paling baik. Tapi jangan salah, Wanita juga merasa kalau kaumnya lah yang paling baik. Jadi wajar kan kalo sering terjadi pertikaian antar kelompok, terjadi persaingan.
Lelaki, sedikit banyak perlu tau seperti apa wanita itu. Pengalaman tentunya ngajarin seorang laki-laki untuk bisa menghadapi wanita. Wanita adalah mahluk paling rumit dan tidak logis tentunya, menurut para lelaki. Berikut ini beberapa poin tentang wanita.

Berusahalah sekuat tenaga
Seringkali wanita meminta sesuatu yang kadang kita tidak mampu melakukannya. Misalnya, ketika dia meminta melukiskan wajahnya dengan menggunakan aplikasi di komputer semisal photoshop. Misalnya kita sebagai lelaki tidak bisa (boro-boro photoshop, masuk windows aja gue kudu  nyari bukunya di gramed “windows for dummy”). Kebanyakan wanita menyadari kalau orang yang dia minta itu tidak mampu melakukannya, tapi berusahalah wahai lelaki. Walaupun hasilnya hanya seperti manusia lidi, setidaknya kita sudah mau berusaha. Semakin keras kita berusaha, semakin wanita tersentuh hatinya.

Bersabarlah menghadapi “diam” nya wanita
Diam itu emas, tapi diam nya wanita itu membuat pria bisa stress bertahun-tahun (lebay) selama wanita tetap diam, selama itulah lelaki stress, menyebalkan memang. Sampai pada akhirnya wanita seringkali bertanya, “Jadi sekarang kamu maunya gimana?”. Atau ketika wanita sedang bete bulanan, entah karena lagi dapet atau karena gak mendapatkan apa yang dia mau. Banyak wanita yang menyadari kalau kita (lelaki) bukan peramal yang bisa menebak isi hati dan isi pikiran wanita. Tapi terkadang wanita hanya ingin lelaki bisa sabar menghadapi wanita yang sedang dalam kondisi menyebalkan seperti itu, kita(lelaki) tidak harus berusaha mencari tau apa yang sedang wanita alami. Semakin lelaki bertanya “Kamu kenapa sih?” semakin hilang logika wanita dan akan semakin bertambah lah bete nya dan ada kemungkinan jadi akut dan menyebabkan kematian (oh lebay nya). Ketika terjadi hal seperti itu, coba tenangkan dia, buat dia tersenyum dan pastikan kalau kamu (lelaki) tidak ikut-ikutan menyebalkan (kadang bete itu jadi penyakit menular yang mirip sama “ngantuk”).



Wanita suka dengan sesuatu yang romantis
Seiring dengan perkembangan filem Korea yang romantis yang kadang membuat air mata menetes persis kayak keripik ma’icih level 9,5 yang bikin air mata menetes, keringat menetes dan isi perut juga menetes (eheeemm) membuat para lelaki keteteran menghadapi wanita yang menginginkan pasangan seperti tokoh dalam filem tersebut. ROMANTIS! Ayo tunjukan sisi feminim kalian wahai laki-laki. Cobalah sampaikan kata-kata romantis pada wanita untuk mengungkapkan rasa cintamu wahai lelaki. Atau yaaaahh paling gampang bikin puisi cinta deh walaupun tidak sebagus khalil gibran ataupun sebagus gue (pede sangat!), cobalah buat karya sendiri dengan niat yang tulus kemudian berikan kepada wanita. Besar kemungkinan wanita akan terbuai dalam alunan kata-kata indah dan melayang-layang terbius oleh cinta walaupun di akhir puisi ada tulisan “hehehe”.

Cemburu jadi salahsatu standar wanita mengukur rasa cinta
Banyak lelaki pencemburu dan banyak juga laki-laki yang gak cemburuan. Aneh tapi nyata, ketika pria menunjukan rasa cemburunya, wanita tersenyum bahagia dalam hatinya. Terkadang semakin besar rasa cemburu seorang lelaki, semakin besar juga cintanya pada wanita.  Cemburu boleh, tapi jangan cemburu yang ke kanak kanakan dan jangan jadi pencemburu. Seringkali wanita memuja bintang papan atas bahkan papan tulis. Mereka bilang, “Ihh ganteng banget sih Mike Tyson” atau “Ya ampun, sumpah deh si Azis OVJ tuh cakep banget.” dan ke- Lebay an yang lain. Tapi percayalah, mereka hanya memuji saja dan hati nya tentu akan tetap memilih kamu walaupun kamu tak setampan Malih.

Wanita suka bunga
Bunga dalam bentuk apapun, wanita menyukainya. Apalagi bunga deposito, kecuali bunga kredit panci. Wanita menyukai apa yang kita berikan dengan tulus termasuk bunga, walaupun kita hanya memetik setangkai bunga dipinggir jalan (modal cekak). Perpisahan walau hanya sebentar terkadang membuat wanita menginginkan sesuatu yang dimiliki laki-laki dan sebuah hadiah kecil cukup mengobati kerinduan seorang wanita dalam kesendiriannya dan bunga memang dipercaya sebagai tanda cinta (daripada ngasih jari lo satu). Kalo gak ada bunga yah lo kasih apa kek masa harus gue juga yang usul.

Ada disaat wanita membutuhkan bantuan
Sms masuk, “sayang, disini mati listrik serem banget ih, gelap!” (padahal lilin banyak). Sms tersebut, dalam kamus “Translate Bahasa Gengsi to Bahasa Indonesia” berarti “Woi telpon gue donk coooyy!!” yah itulah wanita, semua orang tau kalau kulit kedua wanita itu adalah gengsi. Ketika kondisi seperti itu, segeralah sigap untuk memberikan perhatian kalian dengan sms atau telepon. Perbincangan dengan seorang lelaki ketika kondisi seperti itu membuat wanita lega dan merasa tenang. Jadi ya di pause dulu lah game PES 2012 atau pura-pura disconect dengan mencabut kabel LAN pas lagi maen Dota atau HON. Wanita terkadang sangat mengandalkan orang lain, terutama orang yang dia sayang ketika dalam kondisi yang membuat wanita tidak nyaman. Itulah kenapa Enrique Iglesias nyanyi “I can be your hero, baby” 

Mengertilah kalau wanita itu memang CeReWet
Kyak slogan di acara tipi, Cereweeett…. Yooo Weett. (Ceriwis kali cid). Kenapa wanita cerewet? Karena wanita bibirnya 2 hahaha. Becanda deng. Wanita memang cerewet dan terkadang menganggap kita (lelaki) seperti bayi yang seringkali harus diingatkan. Mengingatkan makan, mengingatkan sembahyang, bertanya pertanyaan-pertanyaan yang tidak cerdas seperti “Sayang aku baru beres makan nih” | “makannya kenyang gak sayang?” (plis deh pikir aja sendiri, namanya orang abis makan, ya kenyang). Tapi perlu kalian tau wahai lelaki, wanita itu selalu menghawatirkan kita(lelaki), itulah bentuk perhatian dan juga merupakan naluri keibuan seorang wanita. Sebagai lelaki sebaiknya kita meladeninnya dengan cara yang baik walau agak nyebelin, paling tidak kita mewajarkan hal itu dan tidak perlu kita mengeluh, “Cewe gue bawel banget sih kyak toa stasiun kereta!!” 

Bantuan kecil seorang pria berdampak besar untuk wanita
Misalnya lo sebagai laki-laki terlahir dan mendapat anugrah untuk kuliah di jurusan Kedokteran (mimpi sayah) lalu kemudian lo punya pacar jurusan Teknik Informatika yang lagi ngerjain tugas "Algoritma". Tiba-tiba pacar lo sedang kesulitan untuk mengerjakan tugas tersebut. Otomatis lo pengen donk bantu pacar lo itu, tapi ya apa daya, lo jurusan kedokteran, kalau tugas "Algoritma Tubuh Manusia" mungkin lo bisa ngerjain, secara lo anak kedokteran. Tapi tugas pacarlo itu "Algoritma Benda Mati a.k.a Komputer", dijamin cenat-cenut tuh jidat. C'mon dude, lo harus andil dalam bantu pacarlo itu. Gimana caranya? buka internet trus lo buka Google dan lo browsing dah. Kumpulin semua artikel yang terkait dengan tugas pacarlo itu dan kemudian lo kirim ke pacarlo via email. Pacarlo sebenernya tau kalo lo gak ngerti, lo anak kedokteran yang cuma ngerti ilmu kedokteran dan amat sangat noob soal Komputer. Tapi percayalah kawan, bantuan kecil lo itu akan membuat pacarlo pengen buru-buru ketemu lo untuk bilang sayang secara langsung (mungkin gak sih?).

Jadi pahlawan bukan berarti pengawal atau tukang pukul
Sering kali wanita mengidolakan seorang yang hebat seperti superman yang mampu terbang dan menyelamatkan dirinya dari ancaman kejahatan atau seperti Edward Cullen yang selalu ada disaat kristen stewart dalam masalah (film twilight). Tapi wanita sadar kalau pasangannya bukan seperti 2 orang yang gue sebutin tadi. Lalu bagaimana menjadi pahlawan untuk wanita? Pastikan kalau seorang wanita akan aman dan merasa aman saat dia jalan sama lo dengan tidak banyak tingkah dijalan, sopan santun dijalan selalu dijaga dan tidak memancing keributan dengan orang lain (jangan sok jagoan cooyy!!). Selain itu, jangan biarkan wanita itu pulang terlalu larut di malam hari dan pastikan dia pulang sampai rumahnya untuk bertemu kedua orang tuanya.

Tidak memperkeruh suasana
Wahai lelaki, sadar atau tidak terkadang banyak pria yang selalu memperkeruh suasana. contoh sederhana adalah ketika wanita sedang riweuh (bahasa indonesia nya apa ya? rempong kali ya?) wanita emang selalu rempong. Jangan tiba-tiba lo menjadi super hero yang memberikan solusi dengan beranggapan bahwa lo adalah manusia paling benar, hal tersebut akan memperkeruh suasana. Triknya, tetap ada disampingnya dan bantu dia seperti yang dia minta. "Sayang, ambilin peniti donk!" | "ini penitinya sayang" | "bukan yang ini, yang warna emas!" | "ini penitinya sayang" | "Yang kecil aja, jangan yang gede" | "iya sayang ini penitinya yang kecil" | "iihhh kok susah sih, ambilin yang gede sayang!" | "ini peniti yang gede sayang" | "Jelek amat sih pake peniti?, gak jadi deh pake peniti, pake bros aja!" | "BUNUH GUE AJA SEKALIANN!!!" (kalo yang ini jangan diomongin, dalam hati aja). Contoh lain, ketika wanita sedang bosan (merengut dan manyun) wanita biasanya membutuhkan seorang sule atau komeng untuk bisa bikin dia ketawa. Tapi wanita sadar kalau lo yang ada disampingnya dan lo bukan pelawak yang bisa bikin dia ketawa. Percaya deh, jangan berusaha ngelawak kalo lo emang gak bisa, karena itu akan memperkeruh suasana dan akan semakin membuat wanita bosan dan bete kemudian marah-marah, logikanya ilang dan lo bisa dibunuh dengan kata-katanya (gak seheboh itu juga sih). Tetaplah disampingnya dan berikan senyuman menyenangkan dan jangan ikut-ikutan memanyunkan bibir dan mengerutkan jidat (emang orang bosen gitu ya? jelek amat. Plis jangan di praktekin.) Ketika wanita sedang dalam masa-masa sulit, terkadang wanita hanya ingin ada seseorang yang mendampinginya dan tetap mendukungnya.

Jangan biarkan wanita bersedih, Tapi biarkanlah ketika mereka menangis
Gue pernahya nulis status itu di facebook dan twitter isinya "Jangan biarkan dia bersedih, Tapi biarkanlah dia ketika dia menangis". Maksudnya adalah, ketika seseorang bersedih, tetaplah disampingnya dan buatlah dia besar hatinya agar lebih kuat dan lebih tegar. Jangan salahkan dia ketika memang itu kesalahannya dia. Ketika ada seseorang menangis entah karena apa, biarkanlah dia menangis kalau memang hal itu bisa membuat hatinya lega. Sama seperti wanita, wanita seringkali menangis ketika dia memang ingin menangis. Seringkali wanita menangis didepan lo. Sebaiknya sih jangan coba untuk menghentikan tangisannya, tapi tetaplah disampingnya dan mendengarkan semua pembicaraannya, keluh kesahnya dan makiannya (sabar cooyy). Kebanyakan wanita, saat itu hanya ingin mengeluarkan semua air matanya sampe kering kerontang kyak waduk tumpah dan pengen juga dia melihat reaksi seorang lelaki ketika kondisi wanita sedang jelek (menurut wanita).

Sedikit Peka dengan kata-kata "Aku gak kenapa-kenapa kok"
Sebuah kebohongan dari kebanyakan wanita ketika mukanya mulai terlihat menyebalkan (kyak gimana ya muka menyebalkan?) kemudian kita (lelaki) nanya, "Kamu ga kenapa-kenapa?" dan si wanita menjawab "Aku ga kenapa-kenapa kok". Padahal si wanita memang sedang punya masalah, namun dia menutupi masalah tersebut. itu adalah bahasa wanita untuk menyatakan keadaan wanita yang sedang tidak baik namun wanita masih menganggap kita(lelaki) adalah malaikat penyelamat yang mampu mengatasi ketidak-baik-baikan wanita saat itu tanpa diberitau (Plis, lo kira gue punya indra ke-6). Lalu mana yang benar? wanita akaan menambahkan beberapa kata setelah kata "Aku ga kenapa-kenapa kok" jika memang wanita dalam kondisi yang baik. Misalnya, "Aku ga kenapa-kenapa kok. Cuman lagi laper aja pengen makan bayi idup" (waduuh salah contoh), "Aku ga kenapa-kenapa kok, tadi abis maen congklak seru banget deh masa temen-temen aku pada bingung mainnya, trus aku menang deh."

Wanita mencintai lelaki yang bisa membuat dia "NYAMAN"
Kebanyakan para wanita ABG mencari seorang pacar yang serba wah dan tenar. Tapi perlu kalian tau wahai pria, wanita dewasa mencintai seorang lelaki yang bisa membuat dia nyaman. Nyaman dalam banyak hal. Wanita selalu mencari "Chemistry" di setiap komunikasi nya dengan lelaki. Nyaman disini punya banyak arti. Wanita selalu nyaman sama seorang lelaki yang bisa membuatnya tetap menjadi diri sendiri dan membuatnya lebih baik secara perlahan-lahan. "Wanita seperti tulang rusuk manakala dibiarkan ia akan tetap bengkok, dan manakala diluruskan secara paksa ia akan patah." (HR. Bukhari dan Muslim). Wanita nyaman dengan seorang pria yang tidak pandai bersilat lidah, namun lebih singkat, padat dan jelas ketika seorang pria menjelaskan sesuatu hal karena banyak sekali wanita ya malas untuk berfikir dan lambat dalam menyimpulkan sesuatu. Wanita nyaman dengan seorang pria yang tidak suka membentak dan mengancam. Wanita nyaman dengan sorang lelaki pintar yang bisa menjawab semua pertanyaannya (emang gue Google) dan Wanita nyaman dengan seorang pria yang memiliki minat yang sama dengan dia (jadi kalo wanita bilang, "aku suka lho nonton sponge bob". Lo bilang aja kalo lo juga suka walaupun lo eneg banget liat squidward.)

Jawaban yang benar dari pertanyaan "Aku gendut ya?"
Bosan dengan pertanyaan seperti itu? gue sih jujur aja bosen banget. Wanita selalu merasa gendut ketika dia ngaca. Gue jadi inget sebuah pernyataan "Kebohongan terbesar wanita adalah, "Aku akan mulai DIET BESOK"" ada lagi pertanyaan jebakan yang menyebalkan,  "Sayang, aku gendut ya?" | "nggak ko kamu langsing" | "ah gombal, aku gendut ah, coba liat sini deh" | "nggak kok sayang kamu gak gendut" | "Gendut ah!" | "nggak! kamu gak gendut" | Aku gendut Sayang!! " | "yah dikit kok, cuma perlu diet beberapa hari aja" | "TUH KAAANNN!! AKU GENDUT!!! Aku sebellll sama kamu!!! | "GUE AUS PENGEN MINUM PERTAMAK DI OPLOS SAMA OBAT NYAMUK SEMPROT, Arrrrgggghhh!! (Jangan diucapin ya, dalem hati aja"). Lalu gimana caranya jawab pertanyaan itu? Gini caranya, ketika seorang cewe nanya "Aku gendut ya?" kalo yang nanya pacar lo, lo deketin dia trus lo peluk "Nggak ah, kamu gak gendut, tuh aku aja masih bisa meluk kamu" (ahiww). Kalau yang nanya temen lo yang lo suka, lo jawab aja "aku gak tau dan gak peduli, yang aku tau, kamu tetap bidadari dimata dan dihati aku, yang aku peduli kalau kamu mau menjawab 1 pertanyaan aku" | "Pertanyaan apa?" | "Mau kah kamu menjadi kakasihku yang akan aku cintai dan mencintai aku, yang akan aku sayangi dan menyayangi aku?" (Kok jadi menyatakan perasaan??) yaaahh pokoknya itu deh. Kalo ada yang nanya apa jawaban si cewe, lo praktekin dulu aja, gue sih blom pernah hahaha..
Wanita memang merepotkan dan para wanita pun menyadari itu, terutama fluktuasi emosi yang sulit di tebak, kadang naik kadang turun. Percis kyak bajaj, hanya Supir bajaj dan Tuhan yang tau kapan tuh bajaj belok hehe. Intinya sih, mereka merepotkan itu merupaka cara mereka mempercayakan hatinya dan dirinya pada seorang lelaki pilihannya. Wanita cenderung mandiri dan tidak merepotkan seorang lelaki kalau lelaki itu bukan orang yang dia percaya untuk menjaganya. Jadi buat para lelaki, mengertilah hal itu. Kalian lah para lelaki yang dapat mengatasi sifat dan sikap wanita yang labil, memang itu kodrat kalian sebagai seorang lelaki. 
Beberapa hal yang gue sebut diatas hanya sebagian kecil yang gue tau. Yang perlu dijaga oleh kalian para lelaki adalah menjaga porsinya. Semakin besar porsi perhatian kalian maka akan membuat wanita lebih manja dan lebih mengandalkan kalian daripada dirinya sendiri. Untuk wanita yang baca artikel ini, gue cuma bilang, kalian para wanita memang jadi permaisuri kami para lelaki tapi perlu kalian tau wahai wanita, Wanita ingin dimengerti dan Lelaki ingin dihargai. Jadi hagailah keringat kami ketika mencoba mengerti kalian para wanita.

Tidak ada komentar: